LIHAT DAN LAKUKAN

Lihat!!!!
Lakukan!!!!
Kata-kata ini yang selalu saya sampaikan ketika mengajarkan kepada siswa. PKK sendiri merupakan muatan lokal di SMPN 2 Pusakanagara, jumlah jam perminggu adalah 2 jam pelajaran. Banyak yang mengatakan pelajaran PKK adalah “KUNO”, tapi tidak bagi saya, semua ada manfaatnya apalagi jika kita mengajarkannya langsung dengan kita mendemonstrasikan dan anak langsung mempraktekkannya.

SMPN 2 Pusakanagara sendiri memiliki Ruang Keterampilan yang memadai, dari peralatan masak tradisional sampai modern lengkap tersedia, ruang keterampilan yang luas dan bersih sangat nyaman untuk belajar. Kalau kita ingat dulu waktu di SD belajar PKK biasanya kita disibukkan dengan harus membawa peralatan masak sendiri dari rumah, itu dulu. Setiap kelompok dibagi – bagi tugas siapa yang membawa kompor, ada yang membawa beras, pisau, dan yang lainnya.

Pembelajaran PKK yang dilakukan di SMPN 2 Pusakanagara tidak demikian, semuanya sudah tersedia, anak hanya belajar teori dipertemuan pertama kemudian pertemuan kedua anak melihat bagaimana prosesnya yang saya demonstrasikan, kemudian pertemuan selanjutnya anak secara berkelompok mempraktekkannya.

Belajar dari pengalaman, itulah yang saya lakukan, mereka melihat dan mereka lakukan. Belajar yang menyenangkan merupakan salah satu untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka, ketika motivasi belajar sudah tertanam dalam diri siswa, maka merekapun belajar dengan semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: